Selasa, 15 Februari 2011

perlukah vitamin C dosis tinggi???

Biasanya kalo lg kerasa mau sakit pasti saya langsung cepet2 beli ******(produk vit c dosis tinggi) n saya yakin pasti bnyk yg punya kebiasaan seperti saya, bener kan??:P
tp saya kadang teringet ucapan bu UUT, guru kimia SMA saya: "vitamin C itu kita cuma butuh kurang dari 100mg, klo kelebihan ya dibuang, jd drpd mubadzir mending dibagi2 ama temen2nya, ya to??"
karena terus keinget itu tiap kali minum ****** akhirnya saya putuskan utk nyari2 info lebih lanjut. Beginilah yang saya temukan, selamat menyimak :D

Sejarah berjayanya produk vit.C dosis tinggi
Di belakang maraknya suplemen vitamin megadosis ada seorang tokoh yang berjasa. Linus Pauling, Ph.D., peraih dua penghargaan Nobel untuk kimia (1954) dan perdamaian (1962).

Temuannya yang paling populer adalah:
"Vitamin C dosis tinggi dapat mencegah selesma dan flu hingga 45%, mencegah serta menyembuhkan 75% dari semua kanker, dan memperpanjang masa hidup penderita kanker hingga 4-5 kali lebih lama (dibandingkan dengan yang tidak mendapat terapi vitamin C tersebut)."

Benarkah hal itu???
Apakah anda percaya dengan pernyataan di atas?? Jika ya brarti anda termasuk dalam salah satu korban quackery.
QUACKERY dalam bahasa Indonesia adalah usaha apapun yang melibatkan promosi suatu produk atau sistem kesehatan secara berlebihan.

Klaim Pauling mengenai terapi megadosis vitamin C untuk penderita kanker diuji dan dikaji ulang oleh MayoClinic sebanyak 3 kali dengan hasil:

"TIDAK ADA keuntungan yang konsisten dari vitamin C yang diberikan pada penderita kanker stadium lanjut. Bahkan, vitamin C dosis tinggi dapat memberikan dampak yang berlawanan.

Dosis oral (diminum) yang tinggi dapat menyebabkan diare. Sedangkan dosis tinggi yang diberikan lewat infus (intravenous) menyebabkan gagal ginjal akibat penyumbatan oleh kristal oksalat."

Apa resiko mengkonsumsi vit C berlebih?

Karena vitamin C tidak dapat disimpan oleh tubuh maka yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dibuang langsung oleh ginjal kita ke dalam urin.
Konsumsi vitamin C lebih dari 1000 mg per hari dapat menyebabkan mual, gangguan sistem pencernaan, kram perut, diare, dan meskipun mekanismenya belum jelas kemungkinan faktor terjadinya batu ginjal meningkat. Perlu diingat, bahwa dampak negatif tersebut banyak ditemukan pada konsumsi suplemen vitamin C bukan pada konsumsi natural dari bahan makanan.


1 komentar:

  1. berarti iko2 nek aq numbasne UC1000 salah yo..
    wah tiwas buang2 duit :p

    BalasHapus